Kompilasi Pribadi : Tips & Trick Blog, SEO, Adsense, Internet Marketing, Bisnis Online, Tips Marketing

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jul 3, 2009

Rahasia Rumus Google PageRank

Sebuah algoritma kecil yang menjadi patokan keberhasilan suatu website di Internet.

Itulah pengertian PageRank. Algoritma milik Google ini ternyata memiliki rumus yang sederhana tapi jenius. Bagaimana cara kerjanya??

Mari kita mulai dengan beberapa logika berikut ini. Internet sangat besar, dan Website sangat kecil jika dibandingkan internet. Tidak heran jika website sangat sulit tampil menonjol karena harus bersaing dengan milyaran website yang punya tujuan serupa. Biasanya pengguna menjalankan pencarian di Google untuk melihat website yang relevan dengan keyword yang dia masukan. Katakanlah dia menggunakan keyword “komputer”. Tentu saja tidak hanya beberapa website yang muncul, tetapi ada jutaan. Kalau sudah begitu, website mana yang akan menduduki peringkat paling atas? Google menjawab dengan mengeluarkan rumus PageRank.

Kita sudah ketahui bersama PageRank adalah sebuah algoritma yang diciptakan dan dipatenkan oleh Larry Page dan Sergey Brin, Sang duet maut pendiri Google. Penting bagi kita para webmaster untuk mengetahui cara kerja PageRank agar dapat kita gunakan untuk mendongkrak website kita. Berikut cara kerjanya.

Cara Kerja Rumus PAgeRank

Di balik PageRank tersembunyi pemikiran yang sederhana tapi jenius.

  1. Untuk setiap website ada sejumlah website lain yang menempatkan link ke website bersangkutan.
  2. Setiap website memiliki sebuah pagerank.
  3. Link dari website B ke website A dihitung sebagai 1 suara dari B untuk A.
  4. Selain itu, PageRank B memberi bobot suara untuk A. Semakin tinggi PR B, semakin tinggi pula kualitas link ke A.
  5. Faktor lainnya adalah jumlah link yang terdapat di website B. Semakin sedikit, semakin baik untuk PR website A.
  6. PageRank adalah pembobotan untuk semua dokumen di Internet. Jadi, semua dokumen punya PR. Mungkin saja suatu halaman website lebih besar PRnya daripada HomePage website itu sendiri.

Algoritma PageRank bisa dituliskan dalam rumus berikut:

PR(A) = (1-d) + d(PR(T1)/C(T1)+…+PR(Tn)/C(Tn))

Berikut penjelasannya. PR website A adalah jumlah PR website T1 sampai Tn, masing-masing dibagi jumlah link di website bersangkutan. Prinsip PR dapat diperjelas. Anggap saja di internet hanya ada 4 website A,B,C,dan D. Kita anggap saja keempat website tersebut punya PR 1. Dalam contoh pertama, website B,C,D masing-masing memiliki sebuah link ke A dan tidak memiliki link ke tempat lain (lihat gambar di bawah).

Apabila faktor peredam diabaikan, hasilnya adalah rumus:

PR(A)=1/1 + 1/1 + 1/1

Dikarenakan website ber-PR 1, dan hanya mempunyai 1 link ke A, maka angka yang dihasilkan adalah 1/1, diambil dari jumlah PR dibagi jumlah link. Sehingga jika dijumlahkan, website A mempunyai PR 3.

Contoh yang lebih Rumit

Website A memiliki link ke B dan C, B hanya memiliki sebuah link ke A. C memiliki link ke A,B,dan D. D hanya memiliki link ke B.  (lihat gambar)

Rumus untuk A :

PR(A)= 1/1 + 1/3

Kita dapat melihat website yang memiliki link ke A adalah B dan C. B punya PR 1 dan hanya punya 1 link, sehingga angka yang dihasilkan adalah 1. C juga memiliki PR 1, tetapi dia punya link berjumlah 3, sehingga angka yang dihasilkan adalah 1/3. Jika dijumlahkan hasilnya menjadi 1,33.

Rumus untuk B :

PR(B)= 1/2 + 1/3 + 1/1

Website yang memiliki link ke B adalah A,C,dan D. untuk A, dia berpagerank 1 dan punya 2 link, sehingga angka yang dihasilkan adalah 1/2. Untuk C, dia juga berpagerank 1 dan memiliki 3 link, jadi angka yang dihasilkan adalah 1/3. Untuk D, dia berpagerank 1 dan hanya punya 1 link, jadi angka yang dihasilkan adalah 1/1. Jika dijumlahkan, hasilnya menjadi 1,83.

Rumus untuk C :

PR(C)= 1/2

Dengan konsep seperti website A dan B, maka akan diperoleh nilai 0,5.

Rumus untuk D :

PR(D)= 1/3

Dengan konsep sama, maka akan diperoleh nilai 0,33.

Jika seluruh PR dijumlahkan, hasilnya akan mendekati jumlah website. Mari kita hitung

1,33 + 1,83 + 0,5 + 0,33 = 3,99

Kekurangan 0,01 disebabkan oleh pembulatan.

PENUTUP

Begitulah cara kerja Google PageRank. Google mendekati PageRank secara iteratif. Google mengambil hasil sebuah putaran untuk kalkulasi dalam langkah iterasi berikutnya. Menurut Page dan Brin, cukup mengambil 100 kali putaran untuk mendekati nilai PageRank dari milyaran website yang terdapat di internet. Cerdas bukan??

Sumber : http://pesona-it.net/2009/06/10/rahasia-rumus-google-pagerank/

No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages